DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP N 4 TAMBUSAI TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
WULANDARI, JESSY
Subject
900 Sejarah, Geografi dan DIsiplin Ilmu Yang Berkaitan 
Datestamp
2022-03-22 03:05:33 
Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di SMP 4 Tambusai yang disebabkan model pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Kooperatif Tipe Two Stay Two stray terhadap hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP N 4 Tambusai. Metode yang digunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 61 siswa. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas VIII B berjumlah 61 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data nilai nilai pre-test dan post-test adalah berdistribusi normal dan variansnya homogen. Rata-rata kelas kontrol pada nilai pre-test adalah 38,24, dan kelas eksperimen adalah 39,46 nilai post-test kelas kontrol rata-ratanya 68,04, kelas eksperimen rata-rata adalah 76,04. Hasil penelitian dihitung dengan menggunakan SPSS dengan hasil thitung > ttabel = 3,009 > 1,670, yang artinya terdapat pengaruh model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian ini, bagi sekolah untuk pembelajaran selanjutnya agar menggunakan model pembelajaran Kooperatif TSTS agar hasil belajar siswa mencapai KKM. 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian