Abstract :
Pembuatan mobil hemat energi kategori urban concept dengan tipe chassis ladder
frame merupakan dasar penelitian dengan tahapan awal pembuatan chassis yang berfungsi
sebagai landasan untuk menopang bodi kendaraan, mesin, sistem kemudi, suspensi dan
komponen lainnya. Perancangan ini mendesain chassis yang ringan sesuai dengan regulasi
KMHE. Chassis yang ringan mempengaruhi kerja mesin, sehingga dapat menghemat
energi. Metode yang digunakan dalam perancangan dan pembuatan penelitian ini adalah
metode pahl and beitz. Perancangan merupakan tahapan pertama untuk melakukan suatu
pengerjaan, pembuatan di awali dengan pengumpulan data, gambar, kemudian untuk
mengetahui tegangan pada chassis di simulasikan menggunakan Autodesk Inventor. Hasil
dari penelitian ini pada saat pengujian eksperimental menghasilkan panjang chassis 23.890
mm, berat chassis 343,35 N dan pada saat menghitung defleksi pada chassis menghasilkan
nilai 0,73 mm. Pengujian teoritis menghitung chassis menghasilkan total berat 384,75 N
dan pengujian simulasi menghasilkan nilai maksimal Displacement 0,6675 mm, Von Mises
Stress 213,2 MPa, dan nilai minimal Safety Factor 1,29.