Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LAS dengan pendekatan
kontekstual pada materi trigonometri untuk SMA kelas X sesuai dengan
kurikulum 2013. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan
kualitas LAS yang dikembangkan dari aspek kevalidan. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan dengan model pengembangan 3-D yang meliputi define,
design, dan develop. Tahap define terdiri dari: a) analisis ujung depan; b) analisis
siswa; c) analisis tugas; d) analisis konsep; dan e) perumusan tujuan
pembelajaran. Tahap design terdiri dari: perancangan LAS, perancangan
instrumen dan validasi instrumen penilaian LAS. Pada tahap develop terdiri dari:
validasi LAS oleh ahli materi, ahli media, dan guru matematika. Penelitian ini
menghasilkan LAS dengan pendekatan kontekstual pada materi trigonometri
untuk SMA kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian
ahli materi, ahli media, dan guru matematika, LAS yang dikembangkan
memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata total skor 3,24.