Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
KARTINI, HARTIK A’AFIYATI
Subject
510 Mathematics/Matematika
Datestamp
2022-05-25 04:20:20
Abstract :
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa disebabkan oleh
pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan siswa tidak terbiasa untuk
belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh
pendekatan problem solving model Polya terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Rambah. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan
desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah
Rambah. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, dan
terpilih kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas
kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan pendekatan problem solving model
Polya, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data
kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh dengan teknik tes. Tes
diberikan pada akhir pembelajaran dengan instrumen soal tes kemampuan
pemecahan masalah matematis yang telah dilakukan analisis validitas, tingkat
kesukaran, daya pembeda dan reliabilitas. Analisis data dilakukan untuk
pengujian hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji
prasyarat yaitu uji normalitas. Berdasarkan hasil uji prasyarat diperoleh bahwa
data tidak berdistribusi normal, dengan demikian pengujian hipotesis dilakukan
dengan uji Mann Whitney. Hasil perhitungan diperoleh hitung tabel z ? z
yaitu 4,95 ?
1,96 dengan nilai ? ? 0,05, maka tolak H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh pendekatan problem solving model Polya terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Rambah.