Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan
kemampuan komunikasi matematis melalui penerapan model pembelajaran
Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) pada siswa kelas VIII MTs
Bahrul Ulum. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan desain
The randomized pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Bahrul Ulum. Pengambilan sampel secara
simple random sampling, sehingga terpilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas
VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol.
Instrumen penelitian ini adalah soal tes uraian kemampuan komunikasi
matematis. Data hasil tes kemampuan komunikasi yang telah diperoleh
selanjutnya dilakukan analisis untuk menguji hipotesis. Sebelum dilakukan uji
hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji
lilliefors yang hasilnya data tidak berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji
hipotesis yaitu menggunakan uji mann whitney, hasil perhitungan diperoleh
bahwa yaitu untuk maka tolak .
Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada peningkatan kemampuan komunikasi
matematis melalui penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem
Solving (TAPPS) pada siswa kelas VIII MTs Bahrul Ulum tahun pelajaran
2019/2020.