DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) PADA SISWA KELAS VIII MTs BAHRUL ULUM
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
RAHMAWATI, NURIN
Subject
510 Mathematics/Matematika 
Datestamp
2022-05-25 04:54:05 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) pada siswa kelas VIII MTs Bahrul Ulum. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan desain The randomized pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Bahrul Ulum. Pengambilan sampel secara simple random sampling, sehingga terpilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah soal tes uraian kemampuan komunikasi matematis. Data hasil tes kemampuan komunikasi yang telah diperoleh selanjutnya dilakukan analisis untuk menguji hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors yang hasilnya data tidak berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis yaitu menggunakan uji mann whitney, hasil perhitungan diperoleh bahwa yaitu untuk maka tolak . Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) pada siswa kelas VIII MTs Bahrul Ulum tahun pelajaran 2019/2020. 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian