Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh penerapan marketing syariah dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah Bank Mandiri Syariah Ujung Batu baik secara parsial maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah jumlah nasabah Bank Mandiri Syariah Ujung Batu sebanyak 18.445. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan responden sejumlah 100 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini marketing syariah (X1), kepuasan nasabah (X2) dan variabel terikat loyalitas nasabah (Y). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Uji keandalan instrument meliputi uji validitas dan uji realibilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y =4.936 +
0.646 + 0.994. Secara parsial, diperoleh t-hitung marketing syariah 8.797 dan kepuasan nasabah 12.881. Secara simultan, diperoleh F-hitung 95.360 menunjukkan marketing syariah dan kepuasan nasabah secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Mandiri Syariah Ujung Batu baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 66,3% loyalitas nasabah dipengaruhi oleh marketing syariah dan kepuasan nasabah, sedangkan sisanya 33,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil pengujian secara parsial maupaun secara simultan marketing syariah dan kepuasan nasabah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Mandiri Syariah Ujung Batu.