DETAIL DOCUMENT
PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM DI UJUNG BATU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
FRANS J.S, IMMANUEL
Subject
658 General Management/Manajemen Umum 
Datestamp
2022-09-21 02:33:20 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran baik secara parsial maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah UKM yang ada di Ujung Batu sebanyak 182 UMKM. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan responden sejumlah 65 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini orientasi pasar (X1), inovasi produk (X2) dan variabel terikat kinerja pemasaran (Y). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Uji keandalan instrument meliputi uji validitas dan uji realibilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 0.735 + 0.246X1 + 0.806X2. Secara parsial, diperoleh t- hitung orientasi pasar 3.1.16 dan inovasi produk 12.625. Secara simultan, diperoleh F-hitung 2618.708 menunjukkan orientasi pasar dan inovasi produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 98,8%kinerja pemasaran dipengaruhi oleh orientasi pasar dan inovasi produk, sedangkan sisanya 1,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil pengujian secara parsial maupaun secara simultan orientasi pasar dan inovasi produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM di Ujung Batu. 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian