DETAIL DOCUMENT
PENGARUH DIMENSI WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian Pengguna Kartu Seluler Telkomsel)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
RESNET, -
Subject
658 General Management/Manajemen Umum 
Datestamp
2022-09-21 07:02:45 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi word of mouth terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Fekon UPP pengguna kartu seluler Telkomsel. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian yang masih aktif kuliah pada tahun 2018. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sebanyak 67 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini membicarakan (X1), merekomendasikan (X2), mendorong (X3) dan variabel terikat keputusan pembelian (Y). Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 2,188 + 0,778X1 + 0,638X2 + 1,727 X3. Secara parsial, diperoleh t-hitung membicarakan 4.129, merekomendasikan 8.827 dan mendorong 7.880. Secara simultan, diperoleh F- hitung 181.707 menunjukkan dimensi word of mouth yang terdiri dari mebicarakan, merekomendasikan dan mendorong secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 89,6% keputusan pembelian dipengaruhi oleh dimensi word of mouth yang terdiri dari mebicarakan, merekomendasikan dan mendorong, sedangkan sisanya 10,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini dimensi word of mouth yang terdiri dari mebicarakan, merekomendasikan dan mendorong berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian baik pada pengujian secara parsial (uji t) maupun pengujian secara simultan (uji F). 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian