DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KENDARAAN BERAT BERLEBIH TERHADAP KINERJA PERKERASAN RIGID DENGAN METODE AASHTO (1993) RUAS SEI KUNING, RAMBAH SAMO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
RAMADHON, -
Subject
620 Engineering/Ilmu Teknik 
Datestamp
2022-09-22 06:53:29 
Abstract :
Jalan Sei Kuning adalah salah satu jalan utama lintas barat Sumatra, jalan ini memiliki peran penting dalam perekonomian nasional maupun daerah, dengan adanya industri pabrik kelapa sawit jalan ini banyak di lalui oleh kendaraan berat berlebih pada kondisi seperti ini dapat mempengaruhi kinerja pada jalan, dengan itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kendaraan berat berlebih terhadap kinerja rigid, penelitian ini mencakup vehicle damage factor, umur rencana dan kebutuhan akan tebal perkerasan jalan dengan menggunakan metode AASHTO 1993 sebagai metode perhitungannya. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, data primer berupa data LHR pada tahun 2020 dan data DCP lapangan untuk mendapatkan nilai CBR, data sekunder berupa data LHR pada tahun 2015 dan data nilai CBR pada awal perencanaan. Dari penelitian ini dapat di ketahui bahwa kendaraan berat berlebih dapat mempengaruhi nilai vehicle damage factor terjadi peningkatan nilai VDF sebesar 58,192%, tingginya persentase dari kendaraan berat berlebih mengakibatkan penurunan dari umur rencana yang pada awal perencanaan umur rencana 20 tahun menjadi 17,834 tahun terjadi penurunan 2,166 tahun atau 10,827%, dengan tingginya persentase kendaraan berat berlebih dan penurunan umur rencana dapat meningkatkan kebutuhan perkerasan, yang pada awal perencanaan kebutuhan tebal perkerasannya 30 cm terjadi kenaikan kebutuhan perkerasan sebesar 33 cm. 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian