Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh saluran distribusi dan biaya distribusi terhadap
volume penjualan di toko baju Boutique Bandung Pasir Pengaraian baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah pembeli di Boutique Bandung.
Teknik penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan responden sejumlah 100
responden. Variabel bebas dalam penelitian ini saluran distribusi (X1), biaya distribusi (X2) dan variabel terikat
volume penjualan (Y). Metode pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan dan penelitian
kepustakaan. Penelitian lapangan terdiri dari observasi, kuesioner dan wawancara. Uji keandalan instrument
meliputi uji validitas dan uji realibilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji
heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS.
Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 4.742 - 0.067 + 0.805. Secara parsial,
diperoleh t-hitung saluran distribusi -2.275 dan biaya distribusi 21.087. Secara simultan, diperoleh F-hitung
222,360 menunjukkan saluran distribusi dan biaya distribusi secara bersama-sama berpengaruh terhadap volume
penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 82,1% volume penjualan dipengaruhi oleh saluran distribusi
dan biaya distribusi, sedangkan sisanya 17,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian
ini. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil pengujian secara parsial maupaun secara simultan saluran
distribusi dan biaya distribusi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan.
Kata Kunci: saluran distribusi, biaya distribusi, volume penjualan