Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk merancang media pembelajaran mesin stirling, serta
menguji kelayakan media pembelajaran mesin stirling apakah dapat menjelaskan
konsep hukum termodinamika. Penelitian ini merupakan penelitian rekayasa.
Rancang bangun perangkat ini terdiri dari lima komponen utama yaitu plat
aluminium, jarum suntik (tabung/badan), tabung reaksi, selang, dan roda. Validasi
kelayakan alat ditinjau dari aspek materi, media dan kelayakan alat. Mesin stirling
diuji oleh 2 dosen, 1 guru, dan 7 teman sejawat dengan menggunakan teknik
penyebaran angket. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis
deskriptif. Berdasarkan hasil perhitungan angket dari ahli didapatkan rata-rata dari
semua aspek penilaiannya yaitu 85,35% dengan kriteria sangat baik. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa media mesin stirling layak digunakan sebagai media
pembelajaran fisika untuk menjelaskan konsep hukum termodinamika.