Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tata lekat produk, harga dan
kelengkapan pruk terhdap keputusan pembelian. Metode pengambilan sampel yang
digunakan adalah Accidental Sampling Method. Sampel dalam penelitian ini adalah 100
orang konsumen dari Grace Mart Bangun Jaya dan kemudian dilakukan analisis terhadap
data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif.
Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis
regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien
determinasi (R
2
). Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh
dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi
keterangan dan penjelasan. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas
dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y
= -20.207+ 0,053X
1
+ 0,242X
2
+ 0,527X
3
+
e. Dimana variabel Keputusan Pembelian (Y),
variabel Tata Letak Produk (X
1
), variabel Harga (X
) dan variabel Kelengkapan produk
(X
3
2
). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel independen
yang diteliti terbukti secara signifikan tidak berpengaruh secara parsial terhadap variabel
dependen Keputusan Pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa ketiga
variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen
Keputusan Pembelian. Angka R Square sebesar 0,306 menunjukkan bahwa 30,6%
variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam
persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 69,1% dijelaskan oleh variabel lain diluar
ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa variabel tata letak produk, harga dan kelengkapan produk baik secara
parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada
Grace Mart Bangun Jaya. Peneliti menyarankan agar perusahaan semakin memperbaiki
tata kelola baik dari segi tata letak produk, harga maupun kelengkapan produk yang
diberikan agar semakin banyak menarik konsumen untuk berbelanja.
Kata Kunci : Tata letak Produk, Harga, Kelengkapan Produk, Keputusan
Pembelian