Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan representasi
matematis siswa SMP. dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
student team achievement division ( STAD). Penelitian ini berbentuk penelitian
tindakan kelas ( PTK ) dengan desain penelitian yang dirancang secara
berkelanjutan sebanyak dua siklus.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2
Tambusai Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode john Elliot, yang melibatkan 31 siswa sebagai subjek
penelitian.subjek penelitian seluruh siswa kelas VIII
SMPN 2 Tambusai Utara.
Instrumen tes kemampuan representasi matematis siswa yang digunakan sebanyak
3 soal berbentuk uraian dan lembar observasi pada tiap siklus. Hasil penelitian
mengungkapkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa pada materi
Bangun ruang sisi datar terdapat peningkatan .Nilai ulangan harian memiliki
nilai rata-rata sebesar 67,8 dan varians sebesar 68,71 . Nilai post tes I pada siklus
I lebih besar dari pada nilai ulangan harian , dengan rata-rata 77,1 dan varians
48,19 .Kemampuan representasi matematis siswa posttes II pada siklus II lebih
tinggi dari pada nilai ulangan harian dan nilai post tes I dengan rata-rata 80,9
dan varians 45,60. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division ( STAD) dapat
meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa Kelas VIII
A
pada SMPN
2 Tambusai Utara
A