Abstract :
Penelitian ini dilakukan di Toko Bola Dunia Ponsel, tujuan penelitian ini
untuk megetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen
dalam membeli ponsel merek Samsung, penelitian ini berjumlah 83 orang dengan
tekhnik simple random sampling dimana setiap anggota populasi mempunyai
kesempatan yang sama untuk diseleksi sebagai sampel. Penelitian ini
menggunakan hasil pengolahan data dengan cara menggunakan metode observasi,
kuesioner, Dokumentasi. Dengan hasil dari rekapitulasi jawaban Responden yaitu
Kebudayaan dengan jumlah .244 > 0,05, Pribadi dengan jumlah .635 > 0,05,
Psikolog dengan jumlah 1.840 > 0,05, dan Kebutuhan Sosial .692 > 0,05.
Sedangkan besar nilai uji F hitung 29.135 dengan signifikan 0.000 < 0,05. Nilai F
tabel = 15.089. Dengan demikian nilai F hitung = (15.089) lebih besar dari F tabel
(0.254) jadi dari data diatas dapat disimpulkan bahwa faktor Kebudayaan, Pribadi,
Psikolog, dan Kebutuhan Sosial mempengaruhi minat masyarakat dalam Membeli
Hp merek Samsung di toko Bola Dunia Ponsel Kabupaten Rokan Hulu,
sedangkan faktor sosial tidak mempengaruhi.
Kata Kunci: Faktor Kebudayaan, Pribadi, Psikolog, Sosial, Kebutuhan sosial,