Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: green product dan green advertising
secara simultan terhadap keputusan pembelian air mineral merek aqua. Populasi
penelitian ini adalah semua masyarakat Desa Rambah Tengah Utara Kabupaten
Rokan Hulu. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampling aksidental
dengan responden sejumlah 100 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini
green product (X1), green advertisingk (X2) dan variabel terikat keputusan
pembelian (Y). Metode pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan dan
penelitian kepustakaan. Penelitian lapangan terdiri dari observasi, kuesioner dan
wawancara. Uji keandalan instrument meliputi uji validitas dan uji realibilitas, uji
asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji
heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda
diperoleh persamaan regresi Y = 2,686 + 0,677 + 0,400. Secara parsial, diperoleh
t-hitung green product 14,473 dan green advertising 5,418. Secara simultan,
diperoleh F-hitung 1675,987. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 97,2%
keputusan pembelian dipengaruhi oleh green product dan green advertising,
sedangkan sisanya 2,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil pengujian secara
parsial maupaun secara simultan green product dan green advertising memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.