Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep
siswa pada pokok bahasan hukum Newton. Jenis penelitian ini adalaheksperimen, dengan desain penelitian One Group pretest-posttest design.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Rambah Hilir.
Sampel yang ditetapkan adalah kelas X.1 sebanyak 30 siswa dengan teknik
pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen penelitian berupaangket media pembelajaran dan tes pemahaman konsep siswa. Pengujianhipotesis tersebut menggunakan uji-t. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebihdahulu dilakukan uji gain score ternormalisasi, dengan tingkat perolehan ratarata gain score ternormalisasi masuk dalam kategori tinggi yaitu 0,82.
Selanjutnya dilakukan uji hipotesis, hasil perhitungan diperoleh t
= 19,17 dant
tabel
= 2,04 dengan taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa t
hitung
>
t
Dengan demikian penggunaan media pembelajaran Macromedia Flashdapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan hukumNewton.
tabel.
hitung