DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
IRMA MANANDA, -
Subject
500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika 
Datestamp
2019-11-28 07:44:43 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan hukum Newton. Jenis penelitian ini adalaheksperimen, dengan desain penelitian One Group pretest-posttest design.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Rambah Hilir. Sampel yang ditetapkan adalah kelas X.1 sebanyak 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen penelitian berupaangket media pembelajaran dan tes pemahaman konsep siswa. Pengujianhipotesis tersebut menggunakan uji-t. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebihdahulu dilakukan uji gain score ternormalisasi, dengan tingkat perolehan ratarata gain score ternormalisasi masuk dalam kategori tinggi yaitu 0,82. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis, hasil perhitungan diperoleh t = 19,17 dant tabel = 2,04 dengan taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung > t Dengan demikian penggunaan media pembelajaran Macromedia Flashdapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan hukumNewton. tabel. hitung 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian