Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengadaan barang
(merchandising), motivasi belanja hedonis, dan atmosfir toko terhadap pembelian
impulsif pada pelanggan Indomaret Pasir Pangaraian. Penelitian ini termasuk jenis
penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Indomaret
Pasir Pengaraian. Metode penarikan sampel dengan menggunakan aksidental
sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda
dengan menggunakan program SPSS 18. Hasil penelitian berdasarkan analisis
regresi linier berganda menunjukkan bahwa: (1) pengadaan barang
(merchandising) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pembelian
implusif dengan koefisien 0.479, (2) motivasi belanja hedonic berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap pembelian implusif dengan koefisien 0.705, (3)
atmosfer toko berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pembelian
implusif dengan koefisien 1.084. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
berdasarkan hasil pengujian secara parsial dan simultan semua variabel yaitu
pengadaan barang (merchandising), motivasi belanja hedonis, dan atmosfir toko
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pembelian implusif.