Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan keputusan
konsumen dalam memilih jasa pengiriman J&T Express di Pasir Pengaraian.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, popolasi dalam penelitian ini
adalah mahasiswa program studi manajemen tahun ajaran 2018-2021 yang
berjumlah 868 mahasiswa dan metode pengambilan sampel menggunakan metode
Proportional Random Sampling serta untuk menentukan ukuran sampel
menggunakan Rumus Yamane. Hasil penelitian dari analisis regresi linier
berganda diperoleh persamaan = 11,453 + 0,298 (Harga) + 0,223 (Ketepatan
Waktu Pengiriman), pada koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square
sebesar 0.232, hasil penelitian dari uji t variabel harga (X1) nilai thitung
sebesar 6.070 > 1,96872 dan nilai signifikan t sebesar 0,000 (< 0,05), maka dapat
disimpulkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
konsumen. Variabel Ketepatan Waktu Pengiriman (X2) nilai thitung adalah sebesar
3.022 > 1,96872 dengan nilai signifikan t sebesar 0,003 (< 0,05), maka dapat
disimpulkan bahwa ketepatan waktu pengiriman berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan konsumen. Hasil uji ANOVA atau uji F didapatkan
nilai Fhitung lebih besar dibandingkan ftabel yaitu sebesar 42.226 > 3,02897 dengan
nilai signifikan yang dihasilkan 0,000 lebih kecil dari nilai signifikan 0,05,
sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel harga dan ketepatan
waktu pengiriman berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan konsumen
dalam memilih jasa pengiriman J&T Express di Pasir Pengaraian.