Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pupuk dalam
meningkatkan penjualan pada BUMDes Jaya Utama. Jenis analisis yang
digunakan adalah analisis SWOT (strength, weaknesses, opportunity dan threats),
dalam analisis SWOT pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif
kualitatif. Alat yang digunakan dalam penyusunan faktor strategi BUMDes Jaya
Utama adalah dengan menggunakan matriks SWOT. Rumusan masalah penelitian
ini adalah, 1) Bagaimana strategi pemasaran di BUMDes Jaya Utama? 2) Apa
kendala yang dihadapi oleh BUMDes Jaya Utama dalam memasarkan pupuknya?
3) Bagaimana solusi yang dilakukan oleh BUMDes Jaya Utama dalam mengatasi
pemasaranya? Hasil dari penelitian ini usahanya sedang berada pada kuadran 1
yaitu posisi growth (bertumbuh) sehingga menghasilkan alternative strategi yang
bias dilakukan oleh BUMDes Jaya Utama diantaranya ada empat yaitu strategi SO,
memanfaatkan strength (kekuatan) untuk memaksimalkan opportunity (peluang)