Abstract :
Penelitian ini membahas pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2
Ujungbatu pada kelas X MIA 1. Permasalahan yang dirumuskan yaitu apakah
terdapat pengaruh motivasi belajar siswa?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap motivasi belajar siswa. Sampel
penelitian ini yaitu pada kelas X MIA 1, dengan jumlah 39 orang siswa. Teknik
pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan purposive sampling. Untuk
mengetahui motivasi belajar siswa, dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw
digunakan teknik korelasi product moment. Instrument yang digunakan dengan
angket motivasi belajar, rpp serta silabus. Penelitian ini menggunakan analisis regresi
yaitu dengan melihat hubungan antara kedua variabel. Berdasarkan analisis data yang
dilakukan peneliti didapat bahwa model pembelajaran jigsaw berpengaruh positif
terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat prestasi belajar siswa yang
meningkat yaitu hasil ulangan siswa yang cukup memuaskan. Berdasarkan hasil
perhitungan data yang diperoleh dengan menggunakan korelasi didapat bahwa nilai
r
hitung
= 0,987 sedangkan nilai r
tabel
= 0,316. Dengan demikian r
lebih besar dari
pada r
tabel
( r
hitung
> r
tabel
hitung
), pada taraf signifikasi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi
belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Ujungbatu.