DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 UJUNGBATU ROKAN HULU-RIAU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
LIZA WAHYUNI, -
Subject
500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika 
Datestamp
2019-11-28 08:08:09 
Abstract :
Penelitian ini membahas pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Ujungbatu pada kelas X MIA 1. Permasalahan yang dirumuskan yaitu apakah terdapat pengaruh motivasi belajar siswa?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap motivasi belajar siswa. Sampel penelitian ini yaitu pada kelas X MIA 1, dengan jumlah 39 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan purposive sampling. Untuk mengetahui motivasi belajar siswa, dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw digunakan teknik korelasi product moment. Instrument yang digunakan dengan angket motivasi belajar, rpp serta silabus. Penelitian ini menggunakan analisis regresi yaitu dengan melihat hubungan antara kedua variabel. Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti didapat bahwa model pembelajaran jigsaw berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat prestasi belajar siswa yang meningkat yaitu hasil ulangan siswa yang cukup memuaskan. Berdasarkan hasil perhitungan data yang diperoleh dengan menggunakan korelasi didapat bahwa nilai r hitung = 0,987 sedangkan nilai r tabel = 0,316. Dengan demikian r lebih besar dari pada r tabel ( r hitung > r tabel hitung ), pada taraf signifikasi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Ujungbatu. 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian