DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTS NEGERI 1 ROKAN HULU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
NUR AZIZA, SITI
Subject
300 Ilmu Sosial 
Datestamp
2023-10-18 02:26:32 
Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di MTS N 1 Rokan Hulu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa dalam pelajaan IPS kelas VII di MTS N 1 Rokan Hulu. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII dengan jumlah siswa 75 dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII A dan kelas VII C yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik simple random sampling. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dan menggunakan Nonequivalent (Pretest-Posttest). Instrumen penelitian yang di gunakan adalah soal berbentuk pilihan ganda Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis (uji t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa data nilai pretest dan posttest adalah berdistibusi normal dan variansnya homogen. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji t-test adalah thitung= 2,765 > ttabel = 1,677 dengan ? = 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS kelas VII di MTS N 1 Rokan Hulu. 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian