DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 RAMBAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
SATRIADI, -
Subject
500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika 
Datestamp
2019-11-28 08:12:52 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, dengan populasinya semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rambah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran CTL dan untuk kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal objektif, yang terlebih dahulu dianalisis validitas dan reliabilitas. Sedangkan hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar. Pengujian hipotesis tersebut menggunakan uji t. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji F, hasilnya data kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis, hasil perhitungannya diperoleh t = 2,92 dan t . = 2,021 Hal ini menunjukkan bahwa t > t tabel tabel ( = 0,05). Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar fisika di SMA Negeri 1 Rambah. 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian