DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 RAMBAH HILIR KABUPATEN ROKAN HULU PADA MATA PELAJARAN FISIKA SETELAH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBASIS MIND MAP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
CICI AFYUNI, -
Subject
500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika 
Datestamp
2019-11-28 08:18:17 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan kriteria kognitif siswa dalam pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran Advance Organizer berbasis Mind Map. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian one group time series pretest-postest design. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik sampling jenuh. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Rambah Hilir kelas X MIA. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 seri, dimana setiap serinya dilakukan pretest, treatment dan dilakukan postest. Soal pretest dan postest yang diberikan adalah soal yang sama sebanyak 5 soal pilihan ganda pada setiap serinya. Soal yang diberikan telah diuji validitas dan reabilitasnya. Setelah model pembelajaran Advance Organizer berbasis Mind Map diterapkan, kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari nilai gain pada hasil belajar siswa. Nilai gain terendah adalah 0,667 dengan kriteria sedang dan nilai gain tertinggi 0,8 dengan kriteria tinggi sebanyak 10 siswa. Sedangkan kriteria kemampuan kognitif rata-rata siswa pada seri pertama adalah 0,740 dengan kriteria tinggi, nilai gain pada seri kedua adalah 0,695 dengan kriteria sedang dan pada seri ketiga adalah 0,703 dengan kriteria tinggi. 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian