Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viral marketing dan
advertising effectiveness terhadap keputusan pembelian produk skincare MS
GLOW di Pasir Pengaraian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
konsumen MS GLOW di toko Fsstoreid. Sampel penelitian menggunakan teknik
snowball sampling dengan jumlah sebanyak 100 orang. Variabel bebas dalam
penelitian ini viral marketing (X1), advertising effectiveness (X2) dan variabel
terikat keputusan pembelian (Y). Metode pengumpulan data menggunakan
observasi, kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan
regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil analisis regresi linier
berganda diperoleh persamaan regresi Y = 6.410 + 0.384X1 + 0.417X2 + e.
Secara parsial, diperoleh t-hitung viral marketing 1.983 dan advertising
effectiveness 2.015. Secara simultan, diperoleh F-hitung 121.705 menunjukkan
viral marketing dan advertising effectiveness secara simultan berpengaruh
terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 70,9%
keputusan pembelian dipengaruhi oleh viral marketing dan advertising
effectiveness, sedangkan sisanya 29,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini. Baik pada pengujian
secara parsial (uji t) maupun pada pengujian secara simultan (uji F) seluruh
variabel bebas yang terdiri dari viral marketing dan advertising effectiveness
berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian