Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi, profesionalisme
dan kecerdasan emosional terhadap tingkat kepuasan masyarakat pada pelayanan
pegawai kantor Camat Kabun Kabupaten Rokan Hulu. Metode pengumpulan data
pada penelitian ini melalui pembagian kuesioner. Sampel dalam penelitian ini
adalah 100 orang masyarakat. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive
sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji regresi linier berganda,
koefisien determinasi dan uji hipotesis yang terdiri dari uji T dan Uji F. Dari hasil
analisis regresi linier berganda didapat ketiga variabel (kompetensi,
profesionalisme dan kecerdasan emosional) memiliki pengaruh positif masingmasing sebesar 0.559, 0.418 dan 0.162. Pengujian hipotesis dengan menggunakan
uji T menunjukkan bahwa variabel kompetensi, profesionalisme dan kecerdasan
emosional yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan
masyarakat dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Hasil uji F diketahui
bahwa variabel kompetensi, profesionalisme dan kecerdasan emosional secara
bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan masyarakat
dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000. Hasil uji koefisien determinasi dapat
diketahui bahwa 96,9% tingkat kepuasan masyarakat dapat dipengaruhi oleh
variabel kompetensi, profesionalisme dan kecerdasan emosional, sedangkan
sisanya 3,1% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak di teliti dalam
penelitian ini atau sebab-sebab yang lain diluar model