Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar matematika yang
di alami siswa dalam pembelajaran daring selama masa pendemi covid 19.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian
dilakukan di SMP Negeri 7 Rambah Hilir dengan melibatkan 34 siswa. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini melalui pengisian lembar kuesioner dan
wawancara siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar
matematika siswa yang dianalisis adalah rata-rata indikator intrinsik dengan ratarata sebesar 72,69% berkategori baik, indikator ekstrinsik dengan rata-rata sebesar
75,44% berkategori baik, rasa ingin tahu dengan rata-rata sebesar 67,64%
berkategori baik, kemandirian dengan rata-rata sebesar 69,21% berkategori baik,
dan kesiapan dengan rata-rata sebesar 75,14% berkategori baik. Rata-rata
keseluruhan indikator motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 7
Rambah Hilir pada pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 adalah
sebesar 72,04% masuk dalam kategori baik, namun perlu ada perbaikan agar
menjadi baik secara keseluruhan