Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa kelas VIII SMP N 7 Tambusai melalui model
pembelajaran make a macth. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen
semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Two-Group Posttest Only.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 44
siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling,
sehingga diperoleh kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.A
sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan
model Make a Macth, sedangkan kelas kontrol dilakukan pembelajaran
konvensional. Data kemampuan pemahaman konsep matematis diperoleh dengan
teknik tes. Analisis data dilakukan untuk pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil
uji prasyarat diperoleh bahwa data berdistribusi normal, dengan demikian
pengujian hipotesis dilakukan dengan uji kesamaan rata rata. Hasil perhitungan
diperoleh thitung?ttabel yaitu 0,746 ?
dengan nilai ??0,05 , maka terima
.2
02006
H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada Peningkatan kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa kelas VIII SMP N 7 Tambusai melalui model
pembelajaran make a macth