Abstract :
Pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) harus merubah
sistem pembelajaranya untuk menghindari penyebaran pandemi virus corona
(covid-19). Ada sekolah yang menggunakan sistem pelajaran tatap muka hanya
satu kali dalam seminggu dengan waktu 30 menit saja. Salah satu alternatif agar
siswa bisa belajar dirumah secara mandiri yaitu dengan menggunakan video
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran
matematika yang valid pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok)
kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
(Research and Development) yang terdiri dari tiga tahap pengembangan.
Pendefenisian (Define), perancangan (Design), dan pengembangan (Develop).
Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket. Instrument yang digunakan
dalam penelitian ini adalah isntrumen lembar validasi. Hasil penelitian
pengembangan video pembelajaran matematika telah melalui validasi oleh 3
validator dan diperoleh hasil rata-rata keseluruhan aspek penilaian dari didaktik,
isi, tampilan dan bahasa adalah 3,45 dengan kategori sangat valid. Jadi dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika yaitu video pembelajaran
sudah sangat valid