Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran TANDUR terhadap hasil belajar fisika siswa SMA Muhammadiyah
Rambah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Rambah kelas X.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre-eksperimen dengan desain
penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan yaitu kelas
X (sepuluh) dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Instrument
yang digunakan yaitu soal tes pilihan ganda. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini yaitu menggunakan pretest dan posttest. Analisis data dilakukan
dengan menggunakan uji ketuntasan pembelajaran, uji klasikal dan uji gain.
Berdasarkan perhitungan dari tujuan pembelajaran yang diuji secara klasikal,
diperoleh hasil bahwa terdapat 5 atau 83% dari seluruh tujuan pembelajaran tuntas
dan hanya 1 atau 17% dari seluruh tujuan pembelajaran yang tidak tuntas. Dan
dari hasil gain ternormalisasi, nilai gain terendah yaitu 0.59 yang dikategorikan
sedang dan nilai gain tertinggi yaitu 0.83 yang dikategorikan tinggi, serta
diperoleh nilai rata-rata gain yaitu 0.71 yang termasuk dikategorikan tinggi,
sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran TANDUR berpengaruh
terhadap hasil belajar fisika siswa.