DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH RAMBAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
SUPENDI, -
Subject
500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika 
Datestamp
2019-11-28 08:58:53 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran TANDUR terhadap hasil belajar fisika siswa SMA Muhammadiyah Rambah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Rambah kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan yaitu kelas X (sepuluh) dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Instrument yang digunakan yaitu soal tes pilihan ganda. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji ketuntasan pembelajaran, uji klasikal dan uji gain. Berdasarkan perhitungan dari tujuan pembelajaran yang diuji secara klasikal, diperoleh hasil bahwa terdapat 5 atau 83% dari seluruh tujuan pembelajaran tuntas dan hanya 1 atau 17% dari seluruh tujuan pembelajaran yang tidak tuntas. Dan dari hasil gain ternormalisasi, nilai gain terendah yaitu 0.59 yang dikategorikan sedang dan nilai gain tertinggi yaitu 0.83 yang dikategorikan tinggi, serta diperoleh nilai rata-rata gain yaitu 0.71 yang termasuk dikategorikan tinggi, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran TANDUR berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa. 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian