DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP N 3 RAMBAH HILIR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
ARISKA, EVI
Subject
510 - 519 Matematika 
Datestamp
2023-11-10 03:40:43 
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP N 3 Rambah Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain Two-Group Posttest Only. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII SMP N 3 Rambah Hilir dengan sampel kelas VII a dan kelas VII b . Kelas sampel diperoleh dengan cara menggunakan teknik random sampling. Pada kelas eksperimen diterapkan Model Pembelajaran Discovery Learning dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrument yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah tes uraian. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument test berupa posttest yang telah dilakukan analisis validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan reliabilitas. Setelah data tes kemampuan pemahaman konsep diperoleh, selanjutnya dilakukan analisis data untuk menguji hipotesis. Sebelum uji hipotesis dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Uji normalitas digunakan uji liliefors yang hasilnya kedua kelas sampel berdistribusi normal, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji F yang hasilnya kedua kelas sampel mempunyai varians yang homogen, selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil perhitungan diperoleh thitung 7,71 2,003 untuk ? = 0,05, maka H0 ditolak. Sehingga diperolah bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP N 3 Rambah Hilir tahun ajaran 2018/2019 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian