Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS matematika berbasis penemuan
terbimbing yang valid pada materi perbandingan. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang terdiri dari
tiga tahap pengembangan yaitu: : pendefinisian (Define), perancangan (Design)
dan pengembangan (Develop). LKS dirancang sesuai dengan langkah penemuan
terbimbing, selanjutnya divalidasi oleh 3 orang validator. Instrument yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi. Teknik analisis data
pada penelitian ini dengan menghitung rata-rata untuk setiap aspek dari hasil
angket yang diisi oleh validator. Berdasarkan hasil validasi LKS berbasis
penemuan terbimbing terdapat beberapa revisi yaitu font size nya terlalu besar,
tambahkan pertanyaan kemudian perbaiki spasinya dan skor hasil validasi LKS
berbasis penemuan terbimbing adalah 3,36 dengan kategori sangat valid. Jadi
dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis penemuan terbimbing sudah sangat valid