Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs)terhadap kemampuan komunikasimatematis siswa kelas VII SMPNegeri 3 Ujungbatu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen)dengan desain penelitian Two-Group PosttestOnly. Populasi dalam penelitian iniadalahseluruhsiswa kelas VIIdengan jumlah 127 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh kelas VII.1sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimendilakukan pembelajaran dengan pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs), sedangkan kelas kontrol dilakukanpembelajaran konvensional. Data kemampuan komunikasi matematis diperoleh dengan teknik tes. Analisis data dilakukan untuk pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil uji prasyarat diperoleh bahwa data tidak berdistribusi normal, dengan demikian pengujian hipotesis dilakukan dengan ujiMann Whitney. Hasil perhitungan diperolehtabelhitungzz?yaitu 4,48 ?1,96 dengan nilai05,0??, maka tolakH0. Sehingga dapat disimpulkanbahwa ada pengaruhpendekatanModel-Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan komunikasimatematis siswa kelas VII SMPNegeri 3 Ujungbatu