DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWAKELAS VIIIMTs MENAMING
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
Yohana Indr, -
Subject
500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika 
Datestamp
2019-12-09 04:35:43 
Abstract :
Kemampuan penalaranmatematis siswa dapat dioptimalkan dengan menerapkan salah satu pendekataan pembelajaran yaitu dengan menerapkan pembelajaran pendidikan matemtika realistik (PMR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran pendidikn matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan penalaranmatematis siswa kelas VIIIMTs Menaming. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimentdengan desain Two-Group posttest only. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIMTs Menamingdengan sampel kelas VIIIB (kelas eksperimen) dan kelas VII C(kelas kontrol).Kelas eksperimen diterapkan pendekatan pembelajaran pendidikan matematika realistik (PMR) dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dengan instrumensoal uraian yang disusun berdasarkan indikator kemampuan penalaran. Data kemampuan penalaran yang telah diperoleh di analisis untuk menguji hipotesis, pengujian hipotesis menggunakan uji t?karena data berdistribusi normal dan mempunyai data yang tidak homogen. Hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabelyaitu 3,85> 2,0793 untuk ?= 0,05 maka H0ditolak. Hal ini diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh pendekatan pembelajaran pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan penalaranmatematis siswa kelas VIIIMTs Menamingtahun ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian