DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING(CORE) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP N 6 RAMBAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
Yuliyant, -
Subject
500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika 
Datestamp
2019-12-09 04:48:55 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe connecting organizing reflecting extendingterhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 6 Rambah. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimentdengan desain the Posttest Only Control Gruop Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Rambah dengan sampel kelas VII A dan kelas VII B. Kelas sampel diperoleh menggunakan teknik sampel jenuh. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran connecting organizing reflecting extendingdan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah soal uraian kemampuan komunikasi matematis dan dilakukan analisis yaitu validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan reliabilitas untuk mengetahui baik buruknya soal tersebut. Data posttest kemampuan komunikasi matematis yang diperoleh dilakukan analisis data untuk menguji hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors yang hasilnya satu kelas sampel berdistribusi normal dan satu lagi tidak berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan mann whitney, hasil perhitungan diperoleh thitung >ttabelyaitu 2,26 > 1,96 untuk ? = 0,05 maka H0ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri ^ Rambah. 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian