Abstract :
Nurafni. 1025134 2015 Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen
Pada Swalayan Smart Pasir Pengaraian Kecamatan Rambah Kabupaten
Rokan Hulu. Pembimbing Utama : Arrafiqur Rahman,SE.,MM, dan
Pembimbing Kedua : Hidayat,SE.,MM
Perusahaan harus memiliki keunggulan bersaing agar dapat
mempertahankan loyalitas pelanggan. Untuk meraih keunggulan bersaing tersebut
adalah dengan kepuasan pelanggan.Tujuan yang dikaji dalam penelitian ini
adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan SMART Swalayan
Pasir Pengaraian (2) Untuk mengetahui pengaruh loyalitas konsumen pada
Swalayan SMART Pasir Pengaraian (3) Untuk mengetahui pengaruh kepuasan
terhadap loyalitas konsumen pada Swalayan SMART Pasir Pengaraian. Variabel
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepuasan pelanggan dan loyalitas
pelanggan. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang
diukur dengan menggunakan skala likert. Untuk menganalisis menggunakan
metode analisis deskriptif persentase dan analisis regresi sederhana. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh kepuasan pelanggan terhadap
loyalitas pelanggan dengan nilai koefisien 0,62 dan thitung= 4,306 dengan
signifikansi 0,000. karena signifikansi >0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha
diterima. Diperoleh hasil regresi yaitu 22,969+0,621. Pengujian kepuasan
pelanggan terhadap loyalitas pelanggan menunjukkan adanya pengaruh yang
simultan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas < 0,00. Simpulan dalam
penelitian ini terdapat pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan.
Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah: (1) Pihak SMART
Swalayan Pasir Pengaraian hendaknya mengadakan pendidikan dan pelatihan bagi
karyawan sehingga dapat meningkatkan pelayanannya kepada
pelanggan.Diharapkan kepada peneliti berikutnya untuk meneliti variabel lain
yang dimungkinkan mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan seperti
brand trust.
Kata kunci : Kepuasan dan Loyalitas Konsumen