Abstract :
ASRA YURITA. NIM:1225023. 2016. ANALISIS PENGARUH
PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
SEPEDA MOTOR HONDA MATIC DI DEALER PRIMA MOTOR PASIR
PENGARAIAN. Pembimbing I: Makmur., SE. MMA, dan Pembimbing II:
Andi Afrizal, SE., MSi. AK. CA.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi
konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda matic di Dealer
Prima Motor Pasir Pengaraian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen
dari Dealar Prima Motor Pasir Pengaraian. Sampel penelitian menggunakan
teknik aksidental sampling, dengan jumlah sebanyak 98 orang. Variabel bebas
dalam penelitian ini persepsi konsumen (X), variabel terikat (Y) keputusan
pembelian. Metode pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan dan
penelitian kepustakaan, penelitian lapangan terdiri dari observasi dan kuesioner.
Berdasarkan Hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh hasil sebesar 0,895,
menunjukkan persepsi konsumen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
keputusan pembelian sepeda motor Honda matic di Dealer Prima Motor Pasir
Pengaraian dan memiliki pengaruh yang positif. Hasil perhitungan koefisien
determinasi yaitu 37,4% yang berarti bahwa persepsi konsumen berpengaruh
terhadap keputusan pembelian sebesar 37,4%, sedangkan sisanya 62,6%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan
dari penelitian adalah hasil analisis data dengan menggunakan regresi linear
sederhana, menunjukkan kekuatan hubungan antara persepsi konsumen dengan
keputusan pembelian, yaitu berkolerasi secara positif sebesar 0,895. Dari hasil
perhitungan pengujian hipotesis menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel
yaitu thitung 7.531 > 1,661sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian dapat
diterima.
Kata Kunci: Persepsi Konsumen, Keputusan Pembelian