Abstract :
ANITA. NIM:1225015. 2016. PENGARUH MEDIA SOSIAL
TERHADAP EFEKTIFITAS PROMOSI DI UNIVERSITAS PASIR
PENGARAIAN. Pembimbing I: Yulfita Aini, SE., MM, dan Pembimbing
II: Andi Afrizal SE., M. Si, Ak, CA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial
terhadap efektifitas promosi di Universitas Pasir Pengaraian. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian. Sampel
penelitian menggunakan teknik aksidental sampling, dengan jumlah sebanyak
96 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini media sosial (X), variabel terikat
(Y) efektifitas promosi. Metode pengumpulan data menggunakan penelitian
lapangan dan penelitian kepustakaan, penelitian lapangan terdiri dari kuesioner
dan wawancara. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana diperoleh
hasil sebesar 0,902, menunjukkan hubungan yang kuat antara media sosial
dengan efektifitas promosi, serta berpengaruh positif. Hasil perhitungan
koefisien determinasi yaitu 38,1% yang berarti bahwa media sosial
berpengaruh terhadap efektifitas promosi sebesar 38,1%, sedangkan sisanya
61,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kesimpulan dari penelitian:(1) pemanfaatan media sosial sudah berfungsi
dengan baik. Ini dapat di lihat dari skala mengenai media sosial secara
keseluruhan sebesar 4,04, angka tersebut berada pada posisi tinggi, (2)
efektifitas promosi sudah berjalan dengan baik, dapat di lihat dari skala
efektifitas promosi secara keseluruhan sebesar 4,01, dimana angka tersebut
berada pada posisi tinggi, (3) hasil analisis data dengan menggunakan regresi
linear sederhana, menunjukkan kekuatan hubungan antara media sosial dengan
efektifitas promosi, yaitu berkolerasi secara positif sebesar 0,902. Dari hasil
perhitungan pengujian hipotesis menunjukkan
lebih besar dari
yaitu
7,614 > 1,66123 sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan media sosial terhadap efektifitas promosi
dapat diterima.
Kata Kunci: media sosial, efektifitas promosi