Abstract :
EKO PURNOMO: 125106. 2016. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan
Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Beras Lokal (Studi
Kasus Desa Rambah Utama). Pembimbing Utama : Yulfita Aini, SE., MM
dan Pembimbing Kedua : Makmur SE.,M.MA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk
dan lokasi terhadap minat beli konsumen dalam mengkonsumsi beras lokal di
Desa Rambah Utama. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode
kuesioner terhadap minat beli konsumen 62 konsumen beras di Desa Rambah
Utama dengan menggunakan metode simple Randon sampling untuk mengetahui
tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan
analisis terhadap data-data yang berupa analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.
Analisis kuantitatif meliputi uji validitas, reliabilitas, teknik analisis regresi linier
berganda, uji F, Uji t dan analisis koefisien determinasi (R
). Sedangkan analisis
kualitatif dengan menggunakan Tingkat Cpaian Responden (TCR). Dari hasil
Tingkat Capaian Responden (TCR) variabel harga memiliki TCR pada klasifikasi
tinggi sebesar 78,6%, kualitas produk memiliki tingkat klasifikasi TCR sebesar
80,32%, lokasi memiliki klasifikasi TCR sebesar 74,56% dan minat beli memilki
tingkat klasifikasi TCR sebesar 75,68%. Dari hasil analisis regresi linier berganda
didapat ketiga variabel (harga, kualitas produk dan lokasi) memiliki pengaruh
positif masing-masing sebesar 0,395, 0,327 dan 0,258. Pengujian hipotesis dengan
menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel (harga, kualitas produk
dan lokasi) memiliki nilai signifikansi < 0,05, yaitu harga sebesar 0,000, kualitas
produk sebesar 0,002, dan lokasi sebesar 0,010. Kemudian melalui uji F diketahui
bahwa variabel harga, kualitas produk dan lokasi secara bersama-sama
berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan tingkat signifikansi sebesar
0,000. Dalam uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 55,7% variabel
harga, kualitas produk dan lokasi berpengaruh terhadap minat beli konsumen,
sedangkan sisanya 44,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan
dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Lokasi, Minat Beli Konsumen
2