Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
ANGGITA WAHYUNI BR.TANJUNG, -
Subject
500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Datestamp
2019-12-10 02:38:57
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Siswa (LKS)berbasis multiple intelligneces pada materi pertumbuhan dan perkembangan kelas
VIII SMP. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai Agustus 2016. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and
Development) yang terdiri dari tiga tahap pengembangan pendefinisian (Define),
perancangan (Design) dan pengembangan (Develop). Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi dan lembar angket kelayakan
serta data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Lembar Kerja Siswa (LKS)berbasis multiple intelligences untuk kelas VIII SMP
materi pertumbuhan dan perkembangan berdasarkan validasi ahli materi
(82,99%), kelayakan ahli media (80%), kelayakan oleh guru (87,27%), uji coba
perorangan (91%), uji coba kelompok kecil (88,1%) dan uji coba kelompok besar
(87,46%). Jadi dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS)berbasis
multiple intelligences dinyatakan sangat valid dan sangat layak.