Abstract :
Sasri Warni. 1125014. 2016. Strategi Pemasaran Produk Laptop Pada CV.
Tecom Technology Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu. Pembimbing
I: Hidayat, SE., MM. Pembimbing II: Asrosi, S.Pd., MM.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi pemasaran
produk laptop yang dilakukan oleh CV. Tecom Technology serta (2) Untuk
menganalisis strategi pemasaran tersebut dengan menggunakan analisa SWOT.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik analisa data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil dari
penelitian ini berupa strategi pemasaran yang dapat dijelaskan melalui konsep 4P
dari bauran pemasaran (marketing mix), yaitu: dengan melengkapi beragam jenis
produk laptop, memberikan harga yang sesuai dengan kemampuan beli
konsumen, memilih tempat yang strategis, serta melakukan promosi yang bisa
mempengaruhi/membujuk konsumen agar konsumen bersedia menerima,
membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah (1) Berdasarkan analisis yang dilakukan bahwa CV. Tecom Technology
memiliki strategi pemasaran yang menyangkut 4p (marketing mix). (2)
Berdasarkan analisis SWOT (internal dan eksternal) dan sesuai dengan diagram
cartecius yang telah diolah, maka CV. Tecom Technology menerapkan strategi
yang berada pada kuadran I yaitu kuadran Growth (pertumbuhan/perkembangan).
Saran dari penelitian ini adalah (1) Perusahaan hendaknya dalam melakukan
distribusi dan pemasaran, sebaiknya banyak melakukan promosi. (2) Perusahaan
sebaiknya tidak hanya menunggu siapa yang mau membeli produk tersebut namun
juga harus mengadakan promosi produk dengan perantara sales penjualan dengan
tujuan agar menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut. (3) Bagi
peneliti selanjutnya diharapkan peneliti selanjutnya untuk meneliti variabel lain
yang juga yang berhubungan dengan pengembangan strategi pemasaran
perusahaan. (4) Peneliti selanjutnya dapat menggunakan teknik analisa yang
beragam, sehingga hasil penelitian dapat dilihat dari berbagai sudut pandang dan
berbagai kalangan.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran