Abstract :
Willya Elvanita. 1225131. 2016. Pengaruh Pemilihan Lokasi, Harga dan Pelayanan
terhadap Keputusan Pembelian pada Ilham Mart Pasir Pengaraian. Pembimbing
Utama : Yulfita Aini, SE., MM, dan Pembimbing Kedua : Hidayat, SE., MM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemilihan Lokasi, Harga dan
Pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Ilham Mart Pasir Pengaraian. Metode
pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling Method. Sampel dalam
penelitian ini adalah 100 orang konsumen dari Ilham Mart pasir Pengaraian dan kemudian
dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara
kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji
asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta
analisis koefisien determinasi (R
). Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari datadata
yang
diperoleh
dalam
penelitian
serta
hasil
pengolahan
data
yang
sudah
dilaksanakan
dengan
memberi
keterangan
dan
penjelasan.
Data-data
yang
telah
memenuhi
uji
validitas,
uji
reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi
sebagai berikut: Y = -1,066 + 0,153X1 + 0,311X2 + 0,433X3 + e. Dimana variabel
Keputusan Pembelian (Y), variabel Lokasi (X1), variabel Harga (X2) dan variabel
Pelayanan (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga
variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan berpengaruh secara parsial
terhadap variabel dependen Keputusan Pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui
bahwa ketiga variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap
variabel dependen Keputusan Pembelian. Angka R Square sebesar 0,529 menunjukkan
bahwa 52,9% variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel
independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 47,1% dijelaskan oleh
variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel lokasi, harga dan pelayanan baik secara
parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Ilham
Mart Pasir Pengaraian. Peneliti menyarankan agar perusahaan semakin memperbaiki tata
kelola baik dari segi lokasi, harga maupun pelayanan yang diberikan agar semakin banyak
menarik konsumen untuk berbelanja.
Kata Kunci : Lokasi, Harga, Pelayanan, Keputusan Pembelian
2