DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMILIHAN LOKASI, HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SWALAYAN “ILHAM MART” PASIR PENGARAIAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
WILLYA ELVANITA, -
Subject
300 Ilmu Sosial 
Datestamp
2019-12-10 03:52:49 
Abstract :
Willya Elvanita. 1225131. 2016. Pengaruh Pemilihan Lokasi, Harga dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Ilham Mart Pasir Pengaraian. Pembimbing Utama : Yulfita Aini, SE., MM, dan Pembimbing Kedua : Hidayat, SE., MM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemilihan Lokasi, Harga dan Pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Ilham Mart Pasir Pengaraian. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling Method. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang konsumen dari Ilham Mart pasir Pengaraian dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R ). Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari datadata yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = -1,066 + 0,153X1 + 0,311X2 + 0,433X3 + e. Dimana variabel Keputusan Pembelian (Y), variabel Lokasi (X1), variabel Harga (X2) dan variabel Pelayanan (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen Keputusan Pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen Keputusan Pembelian. Angka R Square sebesar 0,529 menunjukkan bahwa 52,9% variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 47,1% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel lokasi, harga dan pelayanan baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Ilham Mart Pasir Pengaraian. Peneliti menyarankan agar perusahaan semakin memperbaiki tata kelola baik dari segi lokasi, harga maupun pelayanan yang diberikan agar semakin banyak menarik konsumen untuk berbelanja. Kata Kunci : Lokasi, Harga, Pelayanan, Keputusan Pembelian 2 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian