Abstract :
ERNITA. NIM: 1225028. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah sakit Umum Daerah (RSUD)
Kabupaten Rokan Hulu. Pembimbing I: HIDAYAT, SE., MM dan
Pembimbing II: SEPRINI SE., MM
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)
Kabupaten Rokan Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat
inap di Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) Rokan Hulu sebanyak 47.170 orang.
Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam
penelitian ini kualitas pelayanan (X), variabel terikat (Y) kepuasan pasien. Metode
pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan,
penelitian lapangan terdiri dari observasi dan kuesioner. Analisis data
menggunakan regresi linier sederhana menggunakan program SPSS 16. Hasil
analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi Y = 13.825 + 1.007X
yang menunjukkan pengaruh yang kuat dan positif antara kualitas pelayanan dan
kepuasan pasien. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pasien.
Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pasien