Abstract :
NURBAITI. NIM:1225098. 2017. PENGARUH BAURAN PEMASARAN
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI KOLDING
NANA PASIR PENGARAIAN. Pembimbing I: Makmur., SE. MMA, dan
Pembimbing II: Andi Afrizal, SE., MSi. AK. CA.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran
pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen di kolding nana Pasir
Pengaraian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kolding nana Pasir
Pengaraian. Sampel penelitian menggunakan teknik aksidental sampling, dengan
jumlah sebanyak 96 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini bauran pemasaran
(X), variabel terikat (Y) keputusan pembelian. Metode pengumpulan data
menggunakan penelitian lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan
kuesioner serta penelitian kepustakaan. Berdasarkan Hasil analisis regresi linear
sederhana diperoleh hasil sebesar 0,688, menunjukkan bauran pemasaran
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dan
memiliki pengaruh yang positif. Hasil perhitungan koefisien determinasi
menunjukkan pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sebesar
60,9%, sedangkan sisanya 39,10% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini seperti fasilitas dan persaingan. Kesimpulan dari
penelitian adalah hasil analisis data dengan menggunakan regresi linear
sederhana, menunjukkan kekuatan hubungan antara bauram pemasaran dengan
keputusan pembelian yaitu berkolerasi secara positif sebesar 60,9%. Dari hasil
perhitungan pengujian hipotesis menunjukkan
lebih besar dari
t
yaitu
t
hitung
tabel
12.111 > 1,98552 sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat
t
hitung
pengaruh yang signifikan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian dapat
diterima.
Kata Kunci: Bauran pemasaran, keputusan pembelian