Abstract :
SUVIA ARDINA. NIM:1325013. 2017. PENGARUH PERSEPSI
KONSUMEN TERHADAP POSITIONING SMARTPHONE CINA STUDI
PADA FARA PONSEL PASIR PENGARAIAN. Pembimbing I: Makmur.,
SE. MMA, dan Pembimbing II: Andi Afrizal, SE., MSi. AK. CA.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi
konsumen terhadap positioning smartphone Cina di Fara Ponsel Pasir Pengaraian.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen smartphone cina di Fara Ponsel
Pasir Pengaraian. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive Sampling,
dengan jumlah sebanyak 96 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini persepsi
konsumen (X), variabel terikat (Y) positioning. Metode pengumpulan data
menggunakan penelitian lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan
kuesioner. Berdasarkan Hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh hasil
sebesar 0,688, menunjukkan persepsi konsumen mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap positioning smartphone Cina di Fara Ponsel dan memiliki
pengaruh yang positif. Hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan
pengaruh persepsi konsumen berpengaruh terhadap positioning sebesar 60,9%,
sedangkan sisanya 39,10% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini seperti brand (merek), harga dan kualitas. Kesimpulan dari
penelitian adalah hasil analisis data dengan menggunakan regresi linear
sederhana, menunjukkan kekuatan hubungan antara persepsi konsumen dengan
positioning, yaitu berkolerasi secara positif sebesar 0,688. Dari hasil perhitungan
pengujian hipotesis menunjukkan lebih besar dari yaitu
12.111 > 1,98552 sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan persepsi konsumen terhadap positioning dapat diterima.
Kata Kunci: Persepsi Konsumen, positioning