Abstract :
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN ES KELAPA MUDA DI KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU Yasrizal Rahman 1), Defidelwina, SP. M.S.c 2), Ki Agus M. Zain B. S.Pt. M.Si 2) 1) Mahasiswa Fakultas Pertanian, 2) Dosen Fakultas Pertanian
ABSTRAK
Pentingnya pemasaran menyebabkan pelaku usaha berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai keberhasilan yaitu dengan cara melakukan berbagai macam langkah strategi pemasaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan pada usaha penjualan es kelapa muda di Kecamatan Rambah Kabupeten Rokan Hulu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survey dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian usaha penjualan es kelapa muda berada pada posisi I yaitu tumbuh dan bina yang memiliki peluang dan kekuatan. Prioritas strategi yang dapat diterapkan berdasarkan analisis QSPM adalah pengusaha memberi merk untuk media promosi terutama saat es kelapa muda dibeli dan dibawa konsumen dari luar daerah.
Kata Kunci : Faktor Internar Eksternal, SWOT, QSPM