DETAIL DOCUMENT
EFISIENSI SALURAN PEMASARAN IKAN SALAI DI DESA RANTAU BINUANG SAKTI KECAMATAN KEPENUHAN KABUPATEN ROKAN HULU
Total View This Week7
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
Qomaini Rafsanyani, -
Subject
 
Datestamp
2019-12-11 04:44:10 
Abstract :
EFESIENSI SALURAN PEMASARANIKAN SALAI DI DESA RANTAU BINUANG SAKTI KECAMATAN KEPENUHAN KABUPATEN ROKAN HULU Qomaini Rafsanyani(1), Eksa Rusdiyana(2), Kiagus Muhammad Zain (1)Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Pasir Pengaraian, (2)Dosen Fakultas Pertanian Universitas Pasir Pengaraian ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi saluran pemasaran dan margin pemasaran ikan salai di Desa Rantau Binuang Sakti Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni-juli 2105 dengan sampel 30 orang nelayan yang mewakili 3 dusun di Desa Rantau Binuang Sakti. Dari hasil penelitian bahwasanya system saluran pemasaran ikan salai yang berada di Desa Rantau Binuang Sakti terdiri dari 2 saluran pemasaran yaitu: Saluran 1: Nelayan-Pedagang Pengumpul I (Desa)- pedagang besar-Konsumen. Sedangkan saluran 2: Nelayan- Pedagang pengumpul II (Kecamatan) – pedagang besar-konsumen. saluran pemasaran 1 digunakan oleh masyarakat pada saat kondisi jalan tidak bagus, kemudian pada saat kondisi jalan bagus maka nelayan lebih memilih saluran pemasaran II. Saluran pemasaran yang berada di Desa Rantau Binuang Sakti dikatakan efisien sebab share harga lebih besar dari share margin. Margin yang diterima nelayan dari setiap saluran pemasaran Margin untuk setiap lembaga pemasaran yaitu pada saluran pemasaran I margin pemasaran untuk pedagang pengumpul I (Desa) 20.000/kg ikan dan margin besar 40.000/kg, share harga yang diterima nelayan yaitu 66,67%. Pada saluran pemasaran II margin pemasaran untuk pedagang pengumpul II (Kecamatan) 30.000kg , untuk pedagang besar 40.000/kg, share harga yang diterima nelayan pada saluran II ini yaitu 72,22%. Kata Kunci : Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian