Abstract :
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN AYAM RAS PEDAGING (BROILER) DI KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU Apni Saroba 1), Ikhsan Gunawan, SP. MMA2), Rina Febrinova, SE. MMA 2) 1) Mahasiswa Fakultas Pertanian, 2) Dosen Fakultas Pertanian
ABSTRAK Kegiatan usaha memang tidak dapaat terlepas dari kegiatan pemasaran. Pentingnya pemasaran menyebabkan pelaku usaha berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai keberhasilan yaitu dengan cara melakukan berbagai macam langkah strategi pemasaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan pada usaha ayam ras pedaging (broiler) di Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survey dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian, total skor pada Matrik IFE adalah sebesar 3,39 dan pada Matrik EFE memiliki total skor 3,09. Pada Matriks IE usaha ayam ras pedaging (broiler) berada pada posisi I yaitu tumbuh dan bina yang memiliki peluang dan kekuatan. Strategi yang dapat digunakan adalah strategi integrasi vertikal (Vertical Integration). Prioritas strategi yang dapat diterapkan berdasarkan analisis QSPM adalah pengusaha Memanfatkan kekuatan kerjasama dengan perusahaan guna memenuhi permintaan pasar yang tinggi yaitu dengan nilai TAS (Total Atractive Score) sebesar 7,26.
Kata Kunci : Faktor Internar Eksternal, SWOT, QSPM