DETAIL DOCUMENT
ANALISA PERILAKU KONSUMEN DARI STRUK BELANJA MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS (Toko Wahdana Mall Pasir Pengaraian)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
Mona, -
Subject
000 Karya Umum 
Datestamp
2021-12-23 02:46:53 
Abstract :
Perilaku konsumen adalah kegiatan seorang konsumen dalam membuat keputusan untuk membeli, menggunakan barang-barang dan jasa yang telah dibelinya, juga termasuk dalam faktor-faktor pelanggan yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan penggunaan produk. Selain itu, konsumen mengambil keputusan pembelian dengan didasari sifat yang ada di dalam dirinya, salah satunya rasa ingin dihargai, dihormati, dan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginannya. Sistem pelayanan konsumen pada Wahdana Mall sama seperti pelayanan Mall pada umumnya, setiap karyawan melayani setiap konsumen yang berbelanja dengan memandu atau mengarahkan serta mempromosikan kepada konsumen produk yang sedang laris terjual pada Wahdana Mall untuk menarik perhatian konsumen. Untuk itu, diperlukan suatu metode untuk menganalisa prilaku konsumen dari struk belanja di toko wahdana menggunakan metode Market Basket Analisys. Market basket analysis menganalisis hubungan antara item pada transaksi untuk menemukan pengetahuan bermakna yang dapat digunakan untuk strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan item secara bersamaan. Market basket analysis merupakan tool yang memegang peranan penting dalam melakukan analisis data yang diterapkan pada sistem penjualan. Association Rule sebagai teknik dalam Data Mining digunakan untuk menghasilkan analisa dalam Market Basket Analysis berupa aturan-aturan asosiasi yang berisi data-data kualitatif. Sistem ini dirancang dan dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP. Pada penelitian dengan 236 transaksi diperoleh rata-rata nilai support x confidence 50 % dari nilai support 26 % nilai support menghasilkan 10 aturan. 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian