DETAIL DOCUMENT
PENGARUH ATRIBUT KEMASAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI PASIR PENGARAIAN KABUPATEN ROKAN HULU (Studi Kasus Produk Kue Bawang Merek Citra di Swalayan Pasir Pengaraian)
Total View This Week7
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
EVA EFRIDA SUSILAWATI, -
Subject
 
Datestamp
2019-12-11 07:10:12 
Abstract :
PENGARUH ATRIBUT KEMASAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI PASIR PENGARAIAN KABUPATEN ROKAN HULU (Studi Kasus Produk Kue Bawang Merek Citra di Swalayan Pasir Pengaraian) Eva E. Susilawati*), Ikhsan Gunawan1), Rina Febrinova2) 1&2)DosenProgramStudiAgribisnis, FakultasPertanian, UniversitasPasirPengaraian ABSTRAK Persaingan bisnis makanan ringan/snack semakin ketat hal ini ditandai dengan semakin banyaknya jenis makanan ringan dengan berbagai merek.Salah satu jenis makanan ringan tersebut adalah kue bawang merek Citra. Pengusaha harus memiliki marketing mix yang baik agar dapat menarik minat beli konsumen terhadap produknya, salah satunya adalah atribut kemasan, dengan desain kemasan yang menarik, diharapkan akan mampu menarik minat beli konsumen. Penelitian ini dilaksanakan di 6 (enam) swalayan yang ada di Pasir Pengaraian.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut kemasan kue bawang merek Citra (bahan, desain, bentuk, warna) terhadap minat beli konsumen.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel 83 responden, serta menggunakan alat analisisregresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut kemasan (bahan, desain, bentuk, warna) secara serempak berpengaruh signifikan terhadap minat beli kue bawang merek citra sedangkan secara parsial desain, bentuk, warna berpengaruh signifikan terhadap minat beli sementara bahan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli.Nilai R square diperoleh sebesar 0,838. Hal ini berarti bahwa 83,8% minat beli (Y) dapat dijelaskan oleh variabel bahan (X1), desain (X2), bentuk (X3), dan warna (X4). Sedangkan 16,2% dapat dijelaskan oleh sebabsebab lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci:Atribut Kemasan, Minat Beli 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian