DETAIL DOCUMENT
RANCANG BANGUN DAYA PENGGERAK DAN SISTEM TRANSMISI GOKART MENGGGUNAKAN MESIN YAMAHA Z1 115 CC SOHC
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
M.WAISY AZHURI QORNI, -
Subject
600 Teknologi dan ilmu-ilmu Terapan 
Datestamp
2019-11-27 07:16:26 
Abstract :
ABSTRAK Daya penggerak dan sistem transmisi merupakan komponen utama yang sangat di perlukan di dalam menggerakkan gokart. Daya penggerak berfungsi menghasilkan daya dan mengerakkan gokart sehinggga dapat melaju dengan cepat sedangkan sistem transmisi berfungsi untuk mengubah daya dari mesin sehingga kita dapat menentukan berapa kecepatan yang kita inginkan. Langkah ? langkah pembuatan sistem pemindah tenaga gokart meliputi Observasi gambar kerja, mempersiapkan bahan dan alat, proses pembuatan bagian ? bagian poros, perakitan, dan pemasangan. Perhitungan sistem penggerak gokart ini di dapatkan hasil Torsi maksimal yang terjadi pada roda yaitu sebesar 38,5 N.m sedangkan Putaran maksimal yang terjadi pada roda terjadi di gigi 4 yaitu sebesar 650,677 Rpm maka di dapatkan kecepatan gokart sebesar 61,784 Km/Jam. Komponen- komponen sistem transmisi yang di pilih pada gokart ini adalah Rantai dengan No.40, Panjang Rantai 106,68 cm, Sproket tipe tunggal No.40, Sproket kecil dengan jumlah 14 Gigi dengan diameter 57,07 mm dan Sproket besar dengan jumlah 55 Gigi dengan diameter 222,46 mm Poros yang di gunakan adalah poros bertingkat dengan diameter poros roda belakang adalah 34 mm dan panjang 1200mm. Bantalan yang digunakan pada gokart ini adalah type UCP 206 dengan diameter dalam sebesar 30 mm dan panjang 165 mm Ukuran pasak yang di gunakan pada gokart ini adalah 10 x 9 dengan panjang 30 mm KATA KUNCI: Gokart, Transmisi, Torsi 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian